Recents in Beach

header ads

Penyebab Haid Tidak Keluar Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Haid Tidak Keluar – Tidak sedikit kaum wanita yang mengalami masalah yang berkaitan dengan haid. Misalnya, haid yang tidak teratur bahkan hingga keluar selama beberapa bulan padahal tidak hamil. Tentu saja hal seperti ini tidak boleh dianggap sepele. Kaum wanita harus mencari tahu penyebab haid tidak keluar dan solusi mengatasinya. Sebab kalau sampai dibiarkan hingga berulang-ulang terjadi, dihawatirkan akan terjadi gangguan pada organ reproduksi wanita yang semakin lama bertambah parah.

Penyebab Haid Tidak Keluar dan Cara Mengatasinya

Penyebab Haid Tidak Teratur


Haid yang tidak keluar bisa saja disebabkan oleh beberapa hal. Sebaiknya wanita mencermati penyebab-penyebab kemnungkinannya.


  • Kista endometriosis




Kista endometriosis berada pada dinding rahim atau endometrium yang tumbuh tidak tepat pada tempat yang semestinya. Kista jenis ini tumbuh di bagian luar rahim dan akan semakin membesar dari waktu ke waktu. Seorang wanita yang memiliki kista endometriosis akan merasakan masalah darah haid yang tidak keluar. Darah haid akan terus mengendap semakin lama pasti semakin banyak.

Keadaan ini selanjutnya akan membentuk kantong yang berisi darah haid yang tidak bisa dikeluarkan. Darah ini begitu kental dan berwarna cenderung kecoklatan. Karena itu kista endometriosis ini biasa disebut juga dengan nama kista coklat.

Kista jenis ini tidak hanya bisa membesar saja tetapi juga bisa pecah dan bisa juga terpuntir sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa hebat. Selain haid yang tidak akan keluar, beberapa penderita kista endometriosis ini juga merasakan haid yang tidak teratur atau bahkan terkadang keluarnya berjumlah sangat banyak.

Baca : Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur Biar Cepat Hamil


  • Berenang




Saat sedang haid, kondisi tubuh wanita umumnya berada dalam keadaan yang cenderung lemah atau menurun. Karena itu sangat dianjurkan untuk tidak usah melakukan aktivitas yang berat maupun melakukan olahraga yang terlalu berat. Salah satu jenis olahraga yang tidak disarankan saat sedang haid adalah berenang.

Sebab berenang tidak cuma menguras energi saja tetapi juga menjadi penyebab haid tidak keluar. Darah haid yang tidak keluar tidak lain disebabkan tekanan air yang tinggi sehingga dapat menghalangi darah haid yang akan keluar. Keadaan seperti ini tentunya dapat membahayakan bagi organ reproduksi wanita karena darah haid yang seharusnya dikeluarkan menjadi terhalangi.


  • Selaput darah buntu




Haid yang tidak kunjung keluar pada kaum wanita bisa jadi disebabkan terjadinya selaput darah yang buntu. Normalnya, selaput darah harus berada dalam keadaan terbuka sehingga haid bisa keluar. Selaput darah yang tertutup hanya bisa dibuka melalui operasi.


  • Kondisi Hormon yang tidak seimbang




Hormon pada tubuh seorang wanita memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kelancaran haid. Jika terjadi haid tidak keluar, bisa jadi hal tersebut dikarenakan oleh hormon dalam tubuh yang tidak seimbang.

Maka dari itu, kaum wanita perlu menjaga kebaikan gizi terhadap asupan makanan dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi, menghindari stress, melakukan olahraga secara teratur dan menjaga berat badan tetap normal serta beban pikiran yang berlebihan.

Memasuki usia dewasa, wanita memang dituntut untuk lebih memperhatikan kesehatan tubuhnya. Salah satunya adalah yang berkaitan dengan siklus haid. Darah haid yang tidak keluar hanyalah salah suatu masalah haid yang dialami oleh wanita. Masih banyak lagi masalah-masalah seputar gangguan haid yang mungkin terjadi pada seorang wanita. Karena itu, para leluhur kita sangat rajin dalam mengkonsumsi jamu atau ramuan alami agar tubuh selalu sehat dan terawat dengan baik dari dalam.

Salah satu resep ramuan herbal alami yang praktis yang mampu merawat rahim dari dalam adalah kapsul herbal Ladyfem. Kapsul ini dibuat sangat murni dari bahan-bahan alami yang diantaranya delima putih, daun sirih, kencur, kayu rapet, kunyit, jahe merah, dan temu kunci. Kapsul Ladyfem ini dapat membantu menjaga keseimbangan hormon yang dapat menjadi penyebab haid tidak keluar, menormalkan kembali siklus haid yang tidak teratur, membersihkan rahim dari dalam dengan aman dan membuat organ intim wanita lebih sehat dan segar.

Baca : Manfaat Ladyfem Yang Wajib Diketahui Wanita

Posting Komentar

0 Komentar