Recents in Beach

header ads

Cara Mengencangkan Payudara Pasca Menyusui

Tak sedikit para ibu yang merasa kuatir memiliki payudara yang kendur sesudah masa menyusui. Ini pula yang menjadi alasan bagi sebagian wanita untuk tidak menyusui. Padahal memberikan ASI bagi bayi memiliki manfaat yang begitu besar bagi perkembangan bayi. Nah, sesungguhnya para ibu tak perlu merasa terlalu kuatir memiliki payudara yang kendur akibat menyusui. Sebab ada beberapa cara mengencangkan payudara setelah menyusui yang bisa dilakukan dengan cukup mudah.




Jika Anda termasuk salah satu wanita yang ingin mendapatkan kembali payudara kencang setelah menyusui, lakukanlah langkah-langkah sederhana berikut ini.

  1. Posisi menyusui yang benar

Saat menyusui sebaiknya para ibu melakukannya dengan posisi tubuh yang tepat. Hindari menyusui dengan posisi tubuh yang membungkuk. Sebab hal ini menjadi salah satu penyebab payudara menjadi kendur. Sebaiknya dekatkan bayi ke payudara dengan bantuan bantal yang nyaman. Cara ini tak hanya akan mencegah payudara kendur tetapi juga membuat bayi lebih aman dan nyaman saat menyusui. Hindari pula posisi tubuh yang membungkuk saat sedang duduk atau berjalan. Posisi tubuh yang tegak akan membuat kulit menjadi lebih kencang termasuk kulit payudara.

  1. Lakukan olahraga setiap hari

Pasca bersalin banyak ibu yang tidak lagi memiliki waktu untuk berolahraga. Maklum saja ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan termasuk kegiatan baru mengurus buah hati. Untuk menghindari payudara yang kendur, sebaiknya sisihkan waktu untuk berolahraga sambil merawat buah hati. Misalnya saja dengan melakukan senam ringan. Dengan cara ini tubuh akan terasa lebih segar begitu pula dengan payudara akan terasa lebih kencang.

  1. Posisi tidur

Cara mengencangkan payudara setelah menyusui selanjutnya adalah dengan memperhatikan posisi tidur. Sebaiknya hindari tidur dengan posisi tengkurap. Tidurlah dengan posisi menyamping sehingga payudara tidak mendapatkan tekanan. Letakkan bantal di bawah payudara untuk menopang payudara.

  1. Memilih bra yang tepat

Bra yang tepat dan nyaman dikenakan juga menjadi salah satu cara menjaga bentuk payudara. Dalam memilih bra, pertimbangkanlah mengenai kualitas bra dan bukan hanya harganya saja. Saat tidur sebaiknya tetap gunakan bra agar payudara tidak kendur. Pilihlah payudara khusus tanpa kawat.

  1. Menjaga berat badan tetap ideal

Pasca melahirkan umumnya kaum ibu masih memiliki berat badan yang berlebihan. Dalam keadaan seperti ini diet pun diperlukan untuk mencapai kembali berat badan ideal. Namun sebaiknya lakukan diet sehat yang menurunkan berat badan secara bertahap. Sebab diet ketat yang menurunkan berat badan secara drastis akan membuat payudara lebih cepat kendur. Diet sehat dapat dilakukan dengan memperhatikan asupan nutrisi sehingga kebutuhan nutrisi tubuh tetap terpenuhi di masa diet.

  1. Mengkonsumsi vitamin C

Konsumsilah makanan-makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk dan kiwi. Vitamin C memberikan nutrisi bagi kulit dan juga dapat menjaga elastisitas bagian luar tubuh.

  1. Mengkonsumsi jus pepaya

Pepaya memiliki kandungan vitamin A dan beberapa kandungan yang bisa merangsang produksi hormon pada wanita yang berfungsi mengencangkan payudara. Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal dari pepaya, Anda bisa membuat jus pepaya dan mengkonsumsinya secara teratur.

Untuk membuat jus pepaya ini siapkanlah pepaya yang masing mengkal atau setengah matang sebanyak satu mangkuk. Blender hingga halus pepaya mengkal tersebut lalu tambahkan dengan susu kedelai, perasan jeruk nipis atau madu. Minumlah jus pepaya ini dua hari sekali secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain cara diatas, anda juga bisa menggunakan ramuan herbal siap pakai seperti Oris Breast Cream yang direkomendasikan oleh Boyke Dian Nugraha  dan sudah lulus sertifikasi dari Badan POM. Oris Breast Cream aman digunakan setiap hari tanpa menimbulkan efek samping.

Nah, itulah beberapa cara mengencangkan payudara setelah menyusui yang bisa Anda coba. Berbekal cara ini, tak perlu lagi merasa kuatir untuk menyusui. Berikan ASI kepada buah hati dan lakukan cara ini untuk kembali mengencangkan payudara.

Posting Komentar

0 Komentar