Recents in Beach

header ads

Penyebab dan Gejala Kanker Serviks

Kanker mulut rahim atau kanker serviks adalah salah satu serangan kanker yang sangat ditakuti para wanita. Badan kesehatan dunia WHO bahkan mencatat kalau kanker ini adalah penyebab kematian terbesar bagi kaum wanita. Organ reproduksi adalah bagian yang diserang oleh penyakit kanker ini, tepatnya di bagian leher rahim. Daerah ini merupakan pintu masuk rahim yang keberadaannya diantara rahim dan kemaluan. Apa saja penyebab dan gejala kanker serviks tersebut?

Kanker-Serviks-Alodokter

Penyebab kanker serviks


HPV atau Human Papilloma Virus adalah penyebab utama dari serangan kanker ini. HPV tipe 16 dan tipe 18 merupakan penyebab kematian wanita terbesar. Virus tersebut memang sangat gampang menyebar dan berpindah-pindah. Tak hanya dengan melalui cairan saja, namun juga dapat berpindah karena sentuhan kulit. Menggunakan toilet umum yang telah terinfeksi virus HPV ini juga sangat cepat menjangkiti seseorang yang memakai toilet tersebut.

Penyebab lain dari serangan kanker ini adalah gaya hidup tidak sehat yang bisa mengakibatkan seorang wanita mudah menderita kanker mematikan ini. Kebiasaan buruk itu seperti sering berhubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan, berhubungan intim dengan pria yang kerap gonta ganti pasangan, kecanduan merokok, kekurangan pasokan asam folat, kekurangan vitamin C dan juga vitamin E. Selain itu, remaja yang belum berusia 16 tahun dan pernah melakukan hubungan seksual berisiko terserang kanker mulut rahim dua kali lebih besar.

Faktor penyebab lain dari serangan kanker mulut rahim ini adalah faktor genetika atau keturunan, konsumsi pil KB dalam rentang waktu yang lama dan jarak melahirkan yang terlalu dekat atau sering melahirkan. Beragam faktor tersebut kalau diperhatikan dan dijalankan dengan baik, maka serangan kanker ini bisa dicegah.

Gejala atau pertanda serangan kanker serviks


Seorang wanita yang terdeteksi mengidap kanker mulut rahim, pada umumnya telah mengalami infeksi virus HPV selama 10 tahun sampai 20 tahun. Oleh karenanya sebagai deteksi dini sangat disarankan bagi wanita untuk menjalani test pap smear. Untuk pemantauan berkala setidaknya dilakukan dua tahun sekali. Selain itu bisa juga menjalani test IVA atau inspeksi visual memakai asam asetat dan sebagainya. Berbagai gelaja berikut ini pada umumnya menjadi ciri-ciri dari serangan kanker tersebut.

  • Seringkali merasa kesakitan ketika sedang melakukan hubungan intim. Bahkan pendarahan juga akan terjadi dalam kondisi tersebut.

  • Menderita keputihan tidak normal dibarengi dengan munculnya perdarahan dengan kadar yang sangat besar.

  • Darah pinggul sering terasa sakit.

  • Ketika buang air kecil merasakan sakit.

  • Volume darah yang keluar saat datang bulan sangat besar dan cenderung berlebihan.


Ketika wanita menderita kanker ini dalam stadium lanjut, maka akan menderita rasa sakit di daerah paha bahkan paha bisa mengalami pembengkakan. Selain itu muncul derita lain berupa selera makan yang berkurang drastis, mengalami perdarahan dengan spontan, kesulitan saat buang air kecil dan berat badan menjadi tidak stabil.

Jika Sudah Mengetahui Penyebab dan Gejala Kanker Serviks Sebaiknya anda mulai menjaga kebersihan terutama didaerah Miss V, atau menggunakan produk herbal yang resmi BPOM seperti Tissue Majakani (KLIK DISINI) yang Resmi BPOM dan direkomendasikan langsung oleh Pakar Reproduksi Ternama yaitu Boyke Dian Nugraha dan lebih bagus jika dipadukan dengan produk bernama Ladyfem (KLIK DISINI) Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar